gaya arsitektur RASIONALISME & ROMANTICISM

GAYA ARSITEKTUR RASIONALISME Pengertian. Rasionalisme”adalah suatu tujuan yang intinya menjaga komitmen yang kuat untuk menantang estetika yang cubism ( berbentuk kubus / kotak ) untuk memperoleh keseimbangan dan keteraturan pada keseluruhan rancangan. Ciri-ciri gaya arsitektur Rasionalisme. Pada umumnya bangunan gaya arsitektur rasionalisme adalah sebagai berikut: • Bentuk bangunan memaksimalkan panggunaan lahan • Kontruksi menggunakan : Kayu, besi, logam, kaca, dll ) • Bentuk ornamen – ornament mengikuti hubungan antara bentuk dan fungsi • Dll. Tokoh-tokoh gaya arsitektur rasinalisme. Timbulnya gaya arsitektur rasionalisme akibat dari kekecewaan para arsitek terhadap.cara-cara atau paham cubist dan constructivist.Oleh karena itu para arsitek mengadopsi kedua paham tersebut untuk memperoleh keseimbangan dan keteraturan pada keseluruhan rancangan.Berkembang pada awal abad k-20 di Eropa. Beberapa tokoh penggagas arsitektur rasinalisme: • Bauhaus ( 1919 ) • Walter Gropius ( 1883 – 1969 ) • Mies van der rohe ( 1887 – 1965 ) • Dll. Kerena para tokoh tersebut memberikan arti bahwa, arsitektur rasionalisme adalah bentuk penyelarasan atau keseimbangan dari bentuk bangunan terhadap fungsi dari bangunan itu sendiri.

GAYA ARSITEKTUR RASIONALISME

009-lib

Roma, Italia terdapat sebuah rumah gereja yang letaknya bersebelahan dengan menara pissa.Gereja ini termasuk dalam gaya arsitektur rasionalisme.Karena bila kilat dari bentuk dan ciri – ciri bangunan ini sama dengan gaya arsitektur rasionalisme.Penggunaan kaca, beton dan kayu. Kelebihan dan kekurangan gaya arsitektur visionary. Gaya arsitektur rasionalisme mempunyai kelebihan dan kekurangan, seperti halnya gaya arsitektur yang lainnya. Kelebihannya :  Mempunyai bentuk yang beragam, sehingga bangunan terlihat menarik dan tidak monoton.  Terkesan kokoh, karena konstruksinya menggunakan batu dan beton.  Tidak terlihat kuno / tertinggal oleh zaman.  Terlihat megah karena bentuknya yang besar Kekurangannya : • Melupakan gaya-gaya tradisional, yang dapat memusnakan kebudayaan. • Ornamen – ornament yang digunakan sama.Sehingga menimbulkan kesan kurang menarik. • Dalam proses pembangunan membutuhkan waktu yang lama. Kritik. Seharusnya ornamen – ornamen yang digunakan lebih banyak bentuk dan variasinya agar orang melihatnya tidak menimbulkan kesan bosan.

GAYA ARSITEKTUR ROMANTICISM Pengertian. Romanticism”adalah Suatu gerakan kompleks dalam seni dan sastra, serta merupakan gerakan intelektual yang tercipta akibat perkembangan kebudayaan yang timbul dari adat kebiasaan dan hasil karsa manusia. Ciri-ciri gaya arsitektur Romanticism. Pada umumnya bangunan gaya arsitektur romanticism adalah sebagai berikut: • Bangunan berbentuk tegak lurus dan terlihat kuno • Gaya-gaya yang digunakan bersifat klasik • Banyak menggunakan hiasan-hiasan antic mulai dari interior dan eksterior • Dll. Tokoh-tokoh gaya arsitektur romanticism. Timbulnya gaya arsitektur romanticism berkembang dan mulai digunakan berkisar awal abad ke-18, terutama dikawasan benua eropa barat.Terpengaruh pada revolisi industri.Beberapa tokoh yang menganut gaya romanticism : • Hans hollein ( 1972 ) • Lucien kroll ( 1974 ) • Dll Karena gaya ini merupakan model idea untuk mengangakat peradaban dan element seni asli dalam upaya untuk melepaskan diri dari kebingungan pertumbuhan jumlah penduduk, perkotaan dan industrialis.Dan juga untuk merangkul hal – hal eksotis, keindahan, asing dan daya kreatifitas yang tinggi berdasarkan imaginasi dari para arssitek di zaman itu.

menara_pisa2as

MENARA PISSA Menara pissa,Roma – Italia.dahulu menara ini merupakan rutan ( Rumah tahanan ) bagi gallileo, akibat dia mengatakan bahwa matahari itu adalah pusat tata surya.Dan tiap tahunnya kemiringan menara pissa bertambah 1 – 20Bangunan ini termasuk dalam gaya arsitektur romanticism.Karena dalam menara ini terdapt beraneka ragam pahatan- pahatan hasil dari kreatifitas para arsitek di zamannya. Kelebihan dan kekurangan gaya arsitektur romanticism. Gaya arsitektur romanticism mempunyai kelebihan dan kekurangan, seperti halnya gaya arsitektur yang lainnya. Kelebihannya :  Mempunyai bentuk yang menarik  Bentuk klasik dan simple  Mempunyai beberapa ornament yang mempunyai daya kreatifitas yang tinggi  Bentuk bnagunan mempunyai cirri khas tersendiri. Kekurangannya : • Bentuk bangunan kadang ada yang tidak bias dibuat, karena sangat rumit • Terlalu banyak menggunakan ornament-ornamen antik sehingga memerlukan biaya yang tidak sedikit. • Waktu yang dipergunakan dalam pembangunan sangat lama, karena bentuk bangunan yang terlaalu rumit. Kritik. Memang bila dilihat bangunan bergaya arsitektur romanticism mempunyai daya tarik tersendiri.Karena dari bentuk bangunannya yang klasik dan banyak menggunakan ornament-ornament antik hasil dari daya kreatifitas dan imaginasi yang tinggi.Tetapi sangat disayangkan karena membutuhkan biaya yang sangat tingggi dan juga waktu yang lama dalam proses pembuatan bangunan tersebut.

3 comments

  1. hardi91 · November 24, 2009

    Kurang menarik nh!!!

  2. aryn · Maret 16, 2010

    kenapa tiba-tiba ada arsitektur visionary di tengah-tengah rasionalisme? bukannya bertolak belakang? thx.

    • hardi91 · Maret 19, 2010

      maaf ,,dalam penulisan ada kesalahan
      seharusnya kata visionary diganti dengan rasionalisme

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s