PERMASALAHAN SAMPAH

PERMASALAHAN  SAMPAH

Pada dasarnya permasalahan tentang sampah tidak bisa kita hindari dari kehidupan sehari-hari. Semakin hari jumlah sampah di permukaaan bumi ini terus bertambah dan bertambah banyak, khususnya di Ibu kota DKI jakarta ini. Dalam satu hari saja jakarta dapat menghasilkan sampah mencapai ?±6500 Ton / hari. Coba kita bayangkan betapa banyaknya sampah tersebut.Mungkin bila kita kumpulkan selama satu bulan jakarta akan tenggelam oleh sampah.Sungguh mengerikan bukan???

Bukan hanya di jakarta saja.Hampir diseluruh dunia ini mempunyai masalah dengan sampah.Banyak negara – negara yang maju mencari solusi untuk menekan jumlah produksi sampah yang hampir setiap tahunnya bertambah.Terutama produksi sampah – sampah rumah tangga yang cendrung sulit diuraikan.Karena sampah tersebut adalah sampah non organik.Butuh waktu bertahun – tahun untuk bisa menguraikan sampah ini.Contohnya saja puntung rokok.Apabila puntung rokok dibuang dalam air tawar butuh waktu 1 tahun untuk dapat terurai dan butuh 1.5 s/d 2 tahun di dalam air asin.

Kalau kita teliti lebih dalam lagi masih masalah sampah pastinya tidak akan ada habisnya.Karena sampah tidak mungkin dapat dihilangkan dari permukaan bumi

ini.Tapi paling tidak kita bisa meminimalisir prokduksi sampah yang berlebihan dengan cara 3R, yaitu :

  • ·Reduce / Mengurangi

Penghasilan sampah bisa dikurangi dengan mengurangi pemakaian material yang dapat menghasilkan sampah yang berlebihan.Jadi produksi sampah bisa berkurang.

  • ·Reuse / Digunakan kembali

Dengan menggunakan atau memanfaatkan kembali barang-barang yang dapat diolah kembali, penggunaan bahan-bahan yang ramah linkungan, tidak menggunakan kantong-kantong plasik.Karena kantong plastik sangat sulit diuraikan kembali.

  • ·Recycle / Daur ulang

Satu lagi yang tidak kalah penting yaitu pemanfaatan kembali sampah-sampah itu menjadi barang-barang bermanfaat.Contohnya: pembuatan pupuk kompos, pembuatan tas dari sampah plastik dan lain-lain.

Mari kita bersama mendukung program 3R ini untuk mengurangi sampah yang ada dibumi ini.Tapi akibat dari kurangnya informasi dan sosialisasi dari pemerintah, masyarakat jadi kurang sadar dan memahami akibat yang ditimbulkan oleh sampah ini.Oleh dari itu marilah kita memulai dari diri kita sendiri.Supaya generasi selnjutnya masih bisa melihat alam yang indah ini.

Wassalam.

Go Green!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s