PONDASI BANGUNAN

PONDASI BANGUNAN

Pengertian.

Pondasi bangunan adalah kontruksi yang paling terpenting pada suatu bangunan.Karena pondasi berfungsi sebagai”penahan seluruh beban ( hidup dan mati ) yang berada di atasnya dan gaya – gaya dari luar.Pada pondasi tidak boleh terjadi penurunan pondasi setempat  ataupun penurunan pondasi merata melebihi dari batas – batas tertentu, yaitu :

Jenis bangunan                          Penurunan maksimum

1)     Bangunan umum                                 2.54 Cm

2)     Bangunan pabrik                                 3.81 Cm

3)     Gudang                                              5.08 Cm

4)     Pondasi mesin                                    0.05 Cm

Sumber : Foundation Design – W.C Teng

Jenis – jenis pondasi.

Bentuk pondasi ditentukan oleh berat bangunan dan keadaan tanah disekitar bangunan tersebut, sedangkan kedalaman pondasi ditentukan oleh letak tanah padat yang mendukung pondasi.Pondasi pada tanah miring lebih dari 10 %, maka pondasi bangunan tersebut harus dibuat rata atau dibentuk tangga dengan bagian bawah dan atas rata.Jenis pondasi dibagi menjadi 2, yaitu :

–       Pondasi dangkal

–       Pondasi dalam

Pondasi dangkal adalah pondasi yang digunakan pada kedalaman 0.8 – 1 meter.Karena daya dukung tanah telah mencukupi.Jenis –  jenis pondasi dangkal :

1) Pondasi rollag bata

Pada awalnya pondasi rollag bata merupakan pondasi yang diaplikasikan untuk menopang berat beban pada bangunan.Namun, pada saat ini pondasi rollag bata telah lama ditinggalkan.Selain mahal, pemasangannya pun membutuhkan waktu yang lama serta tidak memiliki kekuatan yang bisa diandalkan.Akan tetapi, pondasi ini tetap digunakanuntuk menahan beban ringan, misalnya pada teras.

2) Pondasi batu kali

Pondasi batu kali sering kita temuin pada bangunan – bangunan rumah tinggal.Pondasi ini masih digunakan, karena selain kuat, pondasi ini pun masih termasuk murah.Bentuknya yang trapesium dengan ukuran tinggi 60 – 80 Cm, lebar pondasi bawah 60 – 80 Cm dan lebar pondasi atas 25 – 30 Cm.

Bahan lain yang murah sebagai alternatif pengganti pondasi batu kali adalah memanfaatkan bongkaran bekas pondasi tiang pancang ( Bore Pile ) atau beton bongkaran jalan.Bekas bongkaran tersebut cukup kuat digunakan untuk pondasi, sebab mutu beton yang digunakan ialah K-250 s/d K-300.Permukaannya yang tajam dan kasar mampu mengikat adukukan semen dan pasir.Bila dibandingkan dengan pondasi rollag bata, tentu bongkaran bekas beton jauh lebih kuat.Ukurannya rata – rata 30 x 30 Cm.

gambar pondasi batu kali

3) Pondasi sumuran

Pondasi sumuran atau cyclop beton menggunakan beton berdiameter 60 – 80 Cm dengan kedalaman 1 – 2 meter.Di dalamnya dicor beton yang kemudian dicampur dengan batu kali dan sedikit pembesian dibagian atasnya.Pondasi ini kurang populer sebab banyak kekurangannya, di antaranya boros adukan beton dan untuk ukuran sloof haruslah besar.Hal tersebut membuat pondasi ini kurang diminati.

4) Pondasi plat beton lajur

Pondasi palt beto lajur sangat kuat, sebab seluruluhnya terdiri dari beton bertulang dan harganya lebih murah dibandingkan dengan pondasi batu kali.Ukuran lebar pondasi lajur ini sama dengan lebar bawah dari pondasi batu kali, yaitu 70 Cm.Sebab fungsi pondasi plat beton lajur adalah pengganti pondasi batu kali.

5) Pondasi bor mini / Strauss pile

Pondasi bor mini atau strauss pile ini digunakan pada kondisi tanah yang jelek, seperti bekas empang atau rawa yang lapisan tanah kerasnya berada jauh dari permukaan tanah.Pondasi ini bisa digunakan untuk rumah tinggal sederhna atau bangunan dua lantai.Kedalamannya 2 – 5 meter.Ukuran diameter pondasi mulai dari 20, 30 dan 40 Cm. Pengerjaannya dengan mesin bor atau secara manual.Di atas pondasi bor mini ada blok beton ( pile cap ).Pile cap ini merupakan media untuk mengikat kolom dengan sloof.

Pondasi dalam adalah pondasi yang kedalamannya lebih dari 2 meter dan biasa digunakan pada bangunan – bangunan bertingkat.Jenis pondasi dalam, yaitu :

1)     Bore pile

`        Bore pile adalah pondasi yang kedalamannya lebih dari 2 meter.Digunakan untuk pondasi bangunan – bangunan tinggi.Sebelum memasang bore pile, permukaan tanah dibor terlebih dahulu dengan menggunakan mesin bor. Hingga menemukan daya dukung tanah yang  sangat kuat untuk menopang pondasi.Setelah itu tulang besi dimasukan kedalam permukaaan tanah yang telah dibor, kemudian dicor dengan beton.Pondasi ini berdiameter 20 Cm keatas.Dan biasanya pondasi ini terdiri dari 2 atau lebih yang diatasnya terdapat pile cap.

pengerjaan pondasi beton

2) Tiang pancang / Paku bumi

Tiang pancang pada dasarnya sama dengan bore pile, hanya sja yang membedakan bahan dasarnya.Tiang pancang menggunakan beton jadi yang langsung ditancapkan langsung ketanah dengan menggunakan mesin pemancang.Karena ujung tiang pancang lancip menyerupai paku, oleh karena itu tiang pancang tidak memerlukan proses pengeboran.

sumber griya kreasi

61 comments

  1. ira · Januari 4, 2010

    thanks

  2. aru · Januari 4, 2010

    terima kasih atas ilmunya yg bermanfaat

  3. tio santoso · Januari 4, 2010

    Trim atas artikelnya..tapi kayaknya ada yg kurang tepat, menurut saya pondasi plat beton jalur lebih mahal dari pondasi batu kali, karena dari material betonnya aja harga per m3-nya lebih mahal dari batu kali, belum lagi besi betonnya biasanya ukurannya minimal dia.12mm. Harga batu kali berkisar 120.000 – 150.000,-/m3, sedangkan readymix k.250 dikisaran 550.000 – 650.000,-/m3, mana mungkin harga pondasi plat beton bisa lebih murah?. Maaf kalau memang saya salah perhitungan, mohon pencerahannya.
    Salam..sukses selalu.

    • santoso · Januari 4, 2010

      Gini bro, kalo dilihat dr hrg per m3 memang lebih mahal, tapi coba kita analisa sbb:
      1.) volume pond bt kali jauh lebih besar dibanding volume pond plat
      misal Pada ukuran panjang pondasi sama2 10m kedalaman 60 cm,maka Vol: pond batu kali(trapesium) = (0,3+0,6)x0,7/2 x10m = 3,15 m3
      Vol Plat beton lajur = ((0,6 x 0,12)+(0,08×0,12)) x 10m = 0,816 m3.
      2)waktu pengerjaan pond Plat jauh lebih cepat dibanding pondasi batu kali, besi yg digunakan cukup 8mm jarak 10cm.
      karena waktu memotong besi diameter 8mm lebih mudah drpd memecah batu kali, pemasangan besi lebih mudah dan praktis dibanding memasang
      batu kali. hal ini menghemat biaya tukang.
      3)Kekuatannya jauh lebih masif drpd pond btu kali. campuran Pond plat beton 1:2:3 sedangkan campuran pond batu kali rata2 paling bagus hanya 1:6
      4) Karena volume pond batu kali lebih besar maka pond btu kali jauh lebih berat drpd pond plat, maka beban yg diterima tanah jauh lebih besar. hal ini memicu pond btu kali bisa mengalami penurunan krn tanah mengalami pergerakan , hingga bisa menyebabkan retak pd tembok.
      begitu menurut hemat saya.

  4. redy · Januari 4, 2010

    setuju sama yg di atas sy, pondasi batu kali masih dipakai utk rumah tinggal satu lantai dan pondasi plat menerus+strous utk rumah tinggal diatas satu lantai.utk pondasi bt kali harga 450rb-650rb/m3 sedangkan pondsi plat bisa sampai 3,5jt/m3

  5. decky · Januari 4, 2010

    very helpful

  6. johan · Januari 4, 2010

    Gomana caranya menghitunng pondasi cyclops u/ bangunan 5 lantai ??

    TQ.
    johan.tea@gmail.com

  7. isur_im · Januari 4, 2010

    ada link download untuk perhitungannya tidak ya ?

    • hardi91 · Januari 4, 2010

      dapt dilihat di griyaasri.com

  8. Fulan Nakukun · Januari 4, 2010

    Terima Kasih,,,

  9. Nacos · Januari 4, 2010

    Mantap Gan…!! sangat membantu…
    semoga tuhan membalas anda…
    tetap semangat yah…!!
    oh ya salam kenal dan salam sipil juga…!!!

    TERIMA KASIH…!!!

  10. Tio Adriansyah · Januari 4, 2010

    Ada cara perhitungan untuk pondasi strauss pile ga ya?thx

  11. Agus B Sutopo · Januari 4, 2010

    Pondasi Sarang Laba-laba adalah pondasi yang kedalamannya rata-rata dari 2-3 meter. Digunakan untuk pondasi bangunan – bangunan tanggung, paling tinggi 11 lantai. Pondasi ini mempunyai kestabilan dan daya tahan horisontal cukup bagus, karena sistem tahanan sampingnya cukup besar, juga merupakan sistem fondasi bangunan bawah yang memiliki kekakuan tinggi (High Rigidity), ekonomis dan monolit.
    Karya anak bangsa ini telah mendapat penghargaan sebagai Pondasi Ramah Gempa.

  12. Notatema · Januari 4, 2010

    terimakasih ya bro..
    salam dari Nias

  13. Dhewi una_sipil · Januari 4, 2010

    Mantap br0. .Terus berbagi ilmunya. .Hehehe. .

  14. Dhewi unamin sipil · Januari 4, 2010

    Mantap bro. .Terus berbagi ilmunya ya. .Hehe

  15. Yuliyanto · Januari 4, 2010

    detail untuk pondasinya kurang ni,,jadi untuk orang awam masih belum bisa ngenalin yang mana pondasi ini yang mana pondasi itu sehingga apabila diperjelas dengan gambar akan lebih mudah,,,untuk isinya udah baik,,

  16. Rinaldi van Sahib · Januari 4, 2010

    apa yang dimaksud “pondasi gantung?”

    • hardi91 · Januari 4, 2010

      mv sy belum mengetahui tentang pondasi gantung,,ttp yg saya tahu sistem struktur gantung
      thanks

  17. Hendrian · Januari 4, 2010

    permisi sebelumnya.. ada teori dan penjelasan perhitungan untuk pondasi bored pile?
    apakah pondasi sumuran itu berbeda dengan pondasi bored pile? jika iya, letak pembedanya dimana? dan apakah rumus untuk perhitungan pondasi sumuran tidak bisa digunakan untuk perhitungan bored pile?
    terimakasih

  18. den gus muharyanto · Januari 4, 2010

    kalau bisa penjelasan lebih detail, sd bagus

  19. Reinaldo Bacun · Januari 4, 2010

    salam,begini aku belum tahu betul mengenai fondasi bore pile.pengalaman saya waktu KP di suatu proyek yang menggunakan Pondasi bore pile yang di bor dengan kedalaman 7 m dan jenis tanahnya adalah tanah berpasir(tanah urugan),namun setelah kerangka besi di masukkan tanahnya turun menutupi lubang bore pile dan sebelum di cor harus di sedot pasirnya pada akhirnya kedalaman untuk pengecorannya hanya sekitar 4-5 m.nah…yang ingin aku tanyakan adalah apakah setelah di sedot pasirnya dan kedalaman yang di dapat tidak mencapai kedalaman yang di bor apakah akn berpengruh pada stuktur tanah dan stabil tidak,untuk menahan gedung 3 lantai?tolong berikan penjelasannya.makasih.

  20. Chries Michael Hanas · Januari 4, 2010

    apa bisa kirimkan detail hitungan dasar pondasi batu kali untuk bangunan lantai 2 ?

  21. suwarsono · Januari 4, 2010

    Bagaimana cara menghitung kekuatan pondasi straus pile untuk bang sekolah 2 tingkat?Tk

  22. bayu · Januari 4, 2010

    permasalahan kedepan pakah yang dihadapi jika kita meggunakan semua jenis pondasi????

  23. Oei Tek Jin · Januari 4, 2010

    How to estimate the volume of foundation for 7.5 MW power plant ?

    • hardi91 · Januari 4, 2010

      thank to vist my blog
      i’m sorry ,i don’t know coz,,i just want to introduce kinds of foundations
      but if u want to know estimate see on this web http://www.griyakreasi.com

  24. febri · Januari 4, 2010

    abang-abang mau tanya nie,saya lagi buat Tugas Akhir tentang pondasi..saya melakukan studi banding antara pondasi bored pile dgn tiang pancang dari segi manajemen biaya..di tempat saya Kerja Praktek menggunakan bored pile diameter 1200 dgn 800 lalu bagaimana kalau saya ganti dengan tiang pancang..apa yang harus saya cari..nah ada link yg dapat mempermudah saya menyelesaikan Tugas saya nie gak dari manajemen biayanya…makasih

    • hardi91 · Januari 4, 2010

      assalamua’laikum
      menurut sy lihat kembali bangunan apa yang akan dibangun dan perhitungan strukturnya,,krn trgntung dari beban yg terjadi,untuk info lebih lnjut lihat dbuku struktur bangunan tinggi wolfgang,griya kreasi

      • febri · Januari 4, 2010

        struktur bangunan tinggi wolfgang,griya kreasi>>buku@ itu bisa didapat dimana ya

      • hardi91 · Januari 4, 2010

        bisa dicari dgramedia

  25. ade · Januari 4, 2010

    siappp kawan do’ain saya biar bisa jadi arsitek hahaha

  26. ghani syarifudin · Januari 4, 2010

    gan, kalau Bored Pile, Soldier Pile, Franky Pile sama gga

    • hardi91 · Januari 4, 2010

      dari segi fungsi sama

      • febri · Januari 4, 2010

        loh ko bs sama..bukannya fungsi soldier pile untuk menahan tinggi air tanah ya…

  27. febri · Januari 4, 2010

    bisa kasih masukkan ga tentang cara perhitungan pengujian pondasi dari LOADING TEST TEKAN,TARIK,PDA,LATERAL,

  28. wan lelly heffen · Januari 4, 2010

    yth bapak narasumber,
    boleh nanya ya saya sedang menulis skripsi , apa yang dimaksud dengan setup?, dan apa pengaruh setup pada tiang pancang/
    tks ya pak.
    salam hormat

  29. hadi ch · Januari 4, 2010

    yth bapak narasumber
    kl berkenan saya mau bertanya apakah kolom atau tiang besi yg hanya di ikatkan pada besi sloop .maksud sy besi kolom tidak masuk atau menyatu dgn pondasi tetapi diatas pondasi hanya diikatkan pada besi sloop .pertanyaan sy apakah konstruksi spt itu lazim digunakan dan cukup kuat untuk menahan beban atau guncangan spt angin kencang dan gempa ? dan bagaimana atau apa yg harus saya lakukan kl konstruksi spt itu sdh terlanjur di buat..sy sangat berterimakasih apabila bpk narasumber atau teman2 di forum ini bs memberikan sy masukan yg berguna. trimakasih…salam

    • hardi91 · Januari 4, 2010

      assalamualaikum,maaf baru dblas baru dibuka pesan dari bapk,,mnurut sy lazim digunakan
      kolom akan ttp kuat apabila kolom tersebut tidak memikul beban yang berat diatsnya

  30. hadi ch · Januari 4, 2010

    yth bapak hardi
    saya sedang menbangun rumah tempat tinggal satu lantai . saya mau bertanya tentang tiang kolom yg hanya diikatkan pada sloof (maksud saya besi kolom tidak masuk ke badan pondasi) .apakah konstruksi spt ini sudah cukup kuat untuk menahan beban vertikal maupun horizontal misalnya angin kencang atau gempa ? mohon kiranya pak hardi berkenan memberikan penjelasan dan masukan kpd saya.. trimakasih

  31. hadi ch · Januari 4, 2010

    yth bpk narasumber
    trimakasih atas penjelasanya , walau singkat tapi cukup jelas , berarti sy tdk perlu khwatir lg . timakasih byk buat pak Hardi

  32. goenks · Januari 4, 2010

    gimana cara hitung dimensi pondasi sumuran yang praktis ?? (misal kapasitas beban 60 ton),,,,tq

    • hardi91 · Januari 4, 2010

      assalamaualaikum
      60 ton : L.area pemikul beban x ketebalan ( 1/10 x L.area )
      kurang lebih seperti itu,apabila ada kesalahan mohon dikoreksi
      thk

  33. sinar anugerah · Januari 4, 2010

    permisi gan,saya ingin membuat lantai 2 tetapi pondasi lama rumah saya dari batu bata,apakah bisa gan?

    • hardi91 · Januari 4, 2010

      tergantung besarnya dan kedalaman pondasinya pak,,abila dmensinya besar dan dalam mka semakin uat pondasi tersebut

  34. didit · Januari 4, 2010

    permisi gan numpang taanya, rumah saya berupa bangunan tempat tinggal 1 lantai dan menggunakan pondasi strauss pile/bored pile dengan sistem gali/bor manual sedalam 3 meter kemudian dipasang satu strauss pile dan dicor beton kemudian sisa besi yang muncul dipermukaan tanah dikait/diikatkan lagi ke dudukan/sepatu cakar ayam . apakah sudah cukup kuat pondasi rumah saya tersebut gan mengingat tanah nya berupa eks rawa ?

    • hardi91 · Januari 4, 2010

      assalamualaikum,maaf baru dblas blum kuat pak,,tetapi intinya borepile harus bertemu tanah keras baru kuat

  35. mazarif · Januari 4, 2010

    assalamualaikum…permisi numpang tanya…saya berencana membangun rumah di lahan yang berkontur yang mana posisinya miring..untuk pondasi, sebaiknya menggunakan jenis pondasi yang bagaimana yang cocok untuk lahan berkontur seperti itu…???? terimakasih…wassalam..

  36. pemuda harus berkarya · Januari 4, 2010

    Permisi

    Bila anda membutuhkan tenaga bore pile / strauss pile untuk wilayah jakarta dan sekitarnya hubungi
    Supri 081210458104
    Email supriyadi157@gmail.com
    Web: usahakarya.blogdetik.com / strausspile.blogspot.com

    Dengan tenaga berpengalaman dan harga bersahabat kami siap bekerjasama dengan anda. Tks

  37. try · Januari 4, 2010

    assalamualaikum, pak hardi, saya mau tanya nih, tuk perhitungan pondasi bangunan 6, 5 lantai bagaimana

  38. Marihat Sitanggang · Januari 4, 2010

    Permisi,

    rumah saya awalnya 1 lantai ( sebagaian 2 lantai) dan kemudian diupgrade menjadi 2 lantai seluruhnya dan kontrakor mengatakan pondasinya cukup kuat tetpai setelah diupgrade terjadi retak tembus didinding dibeberapa tempat dilanati 1 dan lantai 2 dan kontarktor menyatakan ada penurunan pondasi
    Saya telah melakukan Sondir test tanah dan diadapat kekuatan tanah 150 kg/cm2 pada kedalaman 10 meter

    Saya berencana membuat Pondasi Bor piled dengan Diameter 200 mm dan kedalaman 10 meter
    Mohon saran apakah Pondasi Bor piled sudah tepat atau Pondasi yang lain?

    Terima kasih

  39. Saef · Januari 4, 2010

    terimakasih atas postinng nya bantu banget buat tugas sekolah.

  40. atap trimdeck · Januari 4, 2010

    numpang share yah gan,,,,

    Jika anda sedang merencanakan membangun rumah, kantor, ruko dan yang lainnya. Kami Karunia Steel menyediakan atap galvalume trimdeck dan spandeck dengan kwalitas terjamin dan harga bersaing. Dapatkan harga khusus untuk pembelian lebih dari 2.000 meter. Anda tertarik???? Silahkan hubungi 0361-7470700 atau kunjungi website kami http://www.atapgalvalume.com.

    thanks,,,,,

  41. ri zal · Januari 4, 2010

    saya mau bertanyaa, saya bikin pondasi dirumah miring kebelakang dan sudah jd. tapi ternyata ada perubahan rencana yg tdnya ditinggikan lalu diuruk ternya gk jd diuruk tanah. lantas ada ide kreatif apa ya pak agaar bisa diakalin pondasi yang sudah terlanjur ketinggian tersebut???

    • hardi91 · Januari 4, 2010

      assalamualaikum,,menurut saya apabila posisi pondasi ditempat yang tidak dilewati orang(aktivitas rendah) dibiarkan saja, tapi apabila berada ditempat yang beraktivitas tinggi ( depan / halaman rumah ) bisa disiasati dengan membuat taman vertikal. sehingga pondasi tersbut dapat digunakan sebagai element arsitektur

  42. katwanto · Januari 4

    Saya dari strktor por pele no hp 082221451150

  43. Angel · Januari 4

    Hi Hardi,

    Saya mau tanya, saya ada rencana mau membeli rumah. rumah tersebut dengan LT/LB 203/224, ukuran tanah 10 x 20 m, dan tingkat 2. Bangunan rumah tersebut di lakukan selama 7 Bulan (sampai dengan finishing). Yang jadi pertanyaan saya, bagaimana kita mengetahui pondasi rumah dan kedalamannya yang memang sudah memenuhi SNI. Informasi dari penjual, rumah tersebut dibangun dengan batu kali dan tapak cakar ayam. mohon bantuannya. Selain, apa dampak yang terjadi bilamana pondasi rumah tersebut tidak kuat. Terima kasih.

    • hardi91 · Januari 4

      hi juga mbak angel,,
      untuk mengetahui hal tersbut harus dilakukan sondir ( pengecekkan tanah ) dibeberpa dtitik.krna masing2 kondisi tanah berbeda- bedadan dilakukan oleh orang2 yg ahli dibidangnya.Untuk pengecekan sprti ini sudah tersedia oleh konsultan dibid.ukur tanah.
      apabila pondasi tidak kuat akan terjadi keretakkan. dampak yg mksimal bisa jdi bangunan akan runtuh
      untuk itu saya sarankan anda apabila ingin membuat lantai bertingkat gunakan matrial yg tidak solid selurhnya . bisa menggunakan kayu, plat bondek ataupun material baja.
      mugkin itu sj yg sy dapt jlaskan.trimaksih tlah mengunjungi blog sy xD

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s