RUANG VERTIKAL dan HUBUNGAN RUANG

RUANG VERTIKAL dan HUBUNGAN RUANG

A. Pengertian ruang vertikal.
Ruang vertikal adalah suatu ruang yang terdiri dari bidang – bidang horizontal yang mana pada setiap bidang tersebut diberi ketinggian secara vertical ( ke arah atas ) hingga membentuk suatu 3 dimensi.Beberapa pendapat para Arsitektur tentang ruang :
o Immanuel Kant
Ruang ialah sesuatu yang objektif sebagai hasil pemikiran dan perasaan yang ditimbulkan oleh manusia.
o Plato
Ruang ialah suatu kerangka atau wadah dimana objek dan kejadian tertentu berada.
Contoh :
I. Unsur – unsur Vertikal Linier.
Unsur – unsur vertical linier pada suatu ruang ialah segala atau semua aspek yang dapat membentuk sebuah sebuah ruang melalui titik ynag terarah.
Contoh :

II. Satu Bidang Vertikal.

Yang dimaksud dengan satu bidang vertical ialah suatu bidang tegak lurus yang diletakan sebagai figur pada suatu latar belakang yang berguna sebagai pembatas.

Contoh :

III. Bidang Berbentuk L ( Siku ).
Yaitu suatu bidang horizontal maupun vertikal yang berbentuk seperti huruf “ L” dan mempunyai 1 sudut siku ( 900 ) atau rangkaian dari 2 bidang datar yang dapat dibentuk menjadi huruf “ L”.
Contoh :

IV. Bidang Sejajar.
Sebuah bidang bisa dikatakan sejajar apabila bidang tersebut mempunyai kesamaan kedudukan dan panjang yang diukur pada 1 garis pembatas / acuan.
Contoh :

V. Bidang Berbentuk U
Yaitu suatu bidang horizontal maupun vertikal yang berbentuk seperti huruf “ U” dan mempunyai 2 sudut siku ( 900 ) atau rangkaian dari 2 bidang datar bahkan lebih yang dapat dibentuk menjadi huruf “ U”.
Contoh :

VI. Empat Bidang Penutup.
Yaitu empat buah bidang yang berfungsi sebagai pembatas suatu bidang datar di bawah ( tanah ) dan atas ( atap ) pada setiap sisi – sisinya hingga membentuk suatu ruang.
Contoh :

B. Hubungan Ruang
Dalam setiap bangunan terdapat banyak ruang yang mempunyai fungsi yang berbeda – beda sesuai dengan keperluannya.Dalam pembagian ruang – ruang tersebut harus diperhatikan aktifias yangbdilakukan dalam masing – masing ruang tersebut.Hubungan ruang ialah hubungan interaksi fungsi suatu ruang dengan ruangan lainnya sesuai dengan kegiatan yang dilakukan yang saling berkaitan.
Contoh :

I. Ruang Dalam Ruang
Ruang dalam ruang ialah dalam suatu ruang terdapat ruang lainnya yang biasanya dibatasi dengan sekat ( triplek, multiplek, gypsum, dll ) dan mempunyai perbedaan fungsi dengan ruang intinya.
Contoh :

II. Ruang Saling Berkaitan.
Yaitu ruang – ruang yang mempunyai kegiatan atau fungsi – fungsi yang mempunyai hubungan dekat dan saling berkaitan.Misalkan dapur dengan kamar mandi ataupun ruang keluarga yang letaknya tidak berjauhan dikarenakan ke – 3 ruang ini salina berkaitan.
Contoh :

III. Ruang Bersebelahan
Yaitu dua ruang yang berdekatan, bersampingan yang dipisahkan atau dibatasi dengan tembok dan biasanya fungsinya sama tetapi digunakan oleh pengguna yang berbeda.
Contoh :

IV. Ruang Yang Dihubungkan Dengan Ruang Bersama.
Yang dimaksud dengan ruang yang dihubungkan dengan ruang bersama ialah ruang – ruang yang bersifat semiprivate ataupun private dihubungan dengan ruang public sebagai jalur akses utama ke semua ruang – ruang tersebut.
Contoh :

sumber :

kamus bahasa indonesia

buku estetika bentuk

koran kompas

buku pedoman arsitektur

foto by google

3 comments

  1. hardi91 · Februari 15, 2010

    bagus”..!!

  2. lia · Februari 15, 2010

    hardi link langsung ke judul ya..
    score 75

    • hardi91 · Februari 15, 2010

      maaf Bu,,tadi buru – buru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s