RUANG

  1. 1. RUANG

Ruang adalah suatu bentuk yang mempunyai dimensi, luas dan volume yang terbentuk dari bidang vertical maupun horizontal dan dimana didalamnya terdapat kehampaan yang dapat diisi oleh  material – material lainnya.Ruang dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1. 1. Ruang Void /  Kosong.

Yaitu  suatu ruang yang terbentuk dari dinding – dinding non permanen yang berguna untuk menyekat antar ruang dan ruang tersebut masih terbuka.

Contoh :

Ruang peralihan, Ruang istirahat terbuka, dll.

ruang void bisa digunakan untuk menaruh hiasan

ruang void pada bnagunan berlantai 2

  1. 2. Ruang Solid / Berisi / Tertutup.

Yaitu suatu ruang yang terbentuk dari dinding – dinding permanen ( Beton, Baja, Batu bata, dll ) sehingga terbentuk ruang yang nyata.

Contoh :

Ruang keluarga, Ruang kamar, dll.

  1. 2. POLA KONFIRGURASI JALAN

Pola konfirgurasi jalan ialah Suatu rancangan sirkulasi pergerakkan dari suatu ruang ke ruang lainnya atau dari satu tempat menuju lainnya agar terasa nyaman bagi pengguna jalan tersebut. Pola konfirgurasi ini dibagi menjadi 5, yaitu :

  1. 1. Pola Linier.

Yaitu rancangan jalan berdasarkan garis – garis yang menjadi unsur pembentuk utama dari jalan dan arah.

Contoh :

2. Pola Radial

Suatu pola sirkulasi ruang melalui penyebaran atau perkembangan dari titik pusat.Biasanya pola radial ini mempunyai sifat mempunyai banyak ruang pergerakan.Karena pola yang digunakan sama seperti pola tang digunakan pada jari – jari sepeda.Contoh : Gym, stadium dsb.

gambar 3d stadium

stadium sepak bola

3. Pola Spiral

Suatu pola sirkulasi ruang dengan cara berputar menjauhi titik pusat.Pola sirkulasi ini sangat berguna pada lahan yang mempunyai luas terbatas dan pada lahan yang mempunyai kontur tanah yang curam.Contoh : ram parkiran di mal, jalan didaerah pegunungan dsb.

tangga putar

ram parkiran

4. Pola Network

Suatu pola sirkulasi ruang melalui jaringan ( penyatuan ) dari beberapa ruang gerak untuk menghubungkan titik – titik terpadu dalam suatu ruang.Umumnya pola ini dipergunakan pada ruang – ruang gedung perkantoran dimaksudkan agar setiap orang bisa dengan mudah beraktivitas.Contoh : Ruang perkantoran

ruang kantor sekolah

denah ruang perkantoran

gedung perkantoran

5. Pola Campuran

Suatu pola sirkulasi ruang yang terdiri dari gabungan 4 pola ( linier, Radial, Spiral dan Network ) untuk menciptakan suatu pola yang berbeda menimbulkan kesan harmonisasi dari perpaduan 4 pola.Akan tetapi untuk menciptakannya amat sulit.Apabila tidak sesuai akan menimbulkan kesan membingungkan.

Jalan tol, jembatan laya

3.PERSENYAWAAN BENTUK GEOMETRI.

Terciptanya persenyawaan bentuk dikarenakan tiap bangun geometri mempunyai karakter tersendiri. Persenyawaan bentuk geometri adalah Penggabungan bentuk – bentuk geomertri ( Bersudut )hingga menciptakan bentukkan baru hasil gabungan ke dua bentuk geometri atau lebih. Persenyawaan bentuk geometri dibai menjadi 4 tipe, yaitu :

  1. 1. Tipe penyerapan Identitas dan Penyatuan Bentuk.

Yaitu dua bentuk geometri menghilangkan karakter – karakter mereka dan menciptakan karakter baru dari penggabungan tersebut.

Contoh :

Penyatuan bentuk

penggabungan antara bentuk kotak dan lingkaran

  1. 2. Tipe Menerima Identitas didalam Bentuk lainnya.

Yaitu dua bentuk geometri yang mempunyai karakter masing – masing dan saling memperlihatkannya tanpa saling menghilangkan karakter bentuk geometri didalamnya.

Contoh :

Bentuk didalam bentuk

bangunan perkantoran

  1. 3. Tipe Mempertahankan Identitas dengan Volume Saling Berkaitan.

Yaitu dua bentuk geometri yang mempunyai karakter masing – masing dan saling memperlihatkannya tanpa saling menghilangkan walaupun keduanya mempunyai volume yang sama ( Saling Berkaitan ).

Contoh :

  1. 4. Tipe Terpisah dan Dihubungkan Oleh bentuk Ke – 3.

Yaitu Kedua bentuk geometri yang tidak saling berkaitan / dipisahkan oleh jarak namun dihubungkan oleh bentuk ketiga dimana bentuk ketiga menyerupai salah satu bentuk dari kedua bentuk geometri tersebut.

Contoh :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s