TIPOLOGI BANGUNAN

TIPOLOGI BANGUNAN

DEFINISI.

1.TIPOLOGI

 

Tipologi berasal dari dua suku kata yaitu Tipo yang berarti pengelompokan dan Logos yang mempunyai arti ilmu atau bidang keilmuan.Jadi tipologi adalah ilmu yang mempelajari pengelompokan suatu benda dan makhluk secara umum.Berikut ini adalah beberapa pengetian tipologi :

 

Tipologi ( dalam Arsitektur dan Perancangan Kota ).

Adalah klasifikasi taksonomi ( fisik ) karakteristik umum yang ditemukan pada bangunan dan tempat-tempat diperkotaan.

 

Tipologi / Theologi ( Agama ).

Adalah pengelompokan pada kitab – kitab suci.

 

Tipologi ( Biologi )

Adalah pengelompok / pembagian tipe – tipe atau jenis – jenis makhluk hidup secara fisik.

 

Menurut Budi A. sukada.

adalah sebuah pengklasifikasian sebuah tipe berdasarkan atas penelusuran terhadap asal usul terbentuknya objek – objek terhadap arsitektural yang terdiri dari 3 tahap.proses  penelusuran terhadap asal usul objek arsitektur.

 

Menurut KBBI.

adalah ilmu watak tentang bagian manusia dalam golongan – golongan menurut sifat masing – masing.

Manfredo Tafuri.

mengharmonisasikan pendekatan autonomos terhadap potensi figural terhadap tipe bangunan dengan daya tarik dalam kesesuaian antara bagian dan keseluruhan.

ARSITEKTUR

 

DEFINISI.

4.ARSITEKTUR

 

Arsitektur adalah ilmu seni dalam merancang dan mendirikan bangunan sebuah bangunan( wikipedia & Site Reference of UK ). Akan tetapi penggunaan kata arsitektur tidak hanya digunakan dalam bidang estetika sebuah bangunan saja.Akan tetapi juga digunakan pada bid.ekonomi, kesehatan, olahraga dan sebagainya.Beberapa pengertian arsitektur :

 

♦. Stephen Glasser.

Seni dan ilmu merancang struktur bangunan huni dengan   estetika dan bentuk koheren.

 

♦. Britannica Concise Encyclopedia.

Seni dan teknik merancang bangunan yang dibedakan dari keterampilan yang berhubungan dengan konstruksi, menekan hubungan antara ruang dengan kegiatan di dalamnya serta lingkungan, irama visual dari elemen struktur, yang bertentangan dengan desain sistem struktur sendiri (lihat teknik sipil). Kesesuaian, keunikan, respon sensitif dan inovatif untuk kebutuhan fungsional, dan rasa sekitarnya tempat dalam konteks fisik dan sosial membedakan lingkungan binaan sebagai perwakilan arsitektur budaya.

 

♦. Real Estate Barron’s Dictionary.

Cara di mana sebuah bangunan yang dibangun, termasuk tata letak, Lantai Rencana gaya dan penampilan, bahan yang digunakan, dan teknologi bangunan yang digunakan.

 

♦. McGraw-Hill Grammer of Arschitecture & Contraction.

Seni dan ilmu merancang dan membangun struktur, masyarakat, atau daerah terbuka, sesuai dengan kriteria estetika dan fungsional. 2. Struktur dibangun sesuai dengan prinsip-prinsip tersebut.

♦. Colombia Encyclopedia.

seni bangunan di mana kebutuhan manusia dan bahan-bahan bangunan terkait sehingga untuk melengkapi penggunaan praktis serta solusi estetika, sehingga berbeda dari utilitas murni rekayasa konstruksi, abstrak dan nonrepresentational dan melibatkan manipulasi hubungan ruang, volume, pesawat, massa, dan void.

 

 

 

 

 

 

KATEGORI

 

DEFINISI.

3. KATEGORI

 

Kategori adalah suatu objek yang bertugas untuk kenyamanan (misalnya, klasifikasi bunga dengan warna) adalah sistem buatan dimana mereka diklasifikasikan.Beberapa pengertian kategori :

 

□ WWW.ANSWERS.COM/CATEGORY.

ide-ide ataupun objek diakui, dibedakan, dipahamidan untuk menerangi hubungan antara subjek dan objek pengetahuan.

□ ARISROTELES.

memperkenalkan pendekatan pengelompokan objek berdasarkan kemiripan sifat. Pendekatan ini lebih dieksplorasi dan sistematis antara kelas dan objek.

 

Conceptual clustering.

Sesuatu pendefinisian objek secara jelas, saling eksklusif dan lengkap secara kolektif.

Prototipe Teori.

Dasar bagi pembangunan manusia, dan bahwa belajar ini mengandalkan belajar tentang dunia melalui perwujudan.

Greece’s Dictionary.

teks dari Organon Aristoteles menyebutkan bahwa semua jenis kemungkinan hal yang dapat menjadi subjek atau predikat proposisi.

BANGUNAN

 

DEFINISI.

5. BANGUNAN.

 

Bangunan adalah suatu bentukan yang mempunyai massa, volume dan di dalamnya terdapat ruang – ruang yang sesuai dengan kegiatan serta fungsi di dalamnya.Beberapa pengertian dari sebuah bangunan.

 

● Jerman Residential.

yang disebut rumah / rumah, meskipun bangunan yang berisi sejumlah besar unit hunian tersendiri sering disebut gedung apartemen / blok untuk membedakan mereka dari rumah lebih ‘individu’.

 

Oxford University Press.

tempat berlindung dari cuaca dan sebagai ruang kehidupan secara umum, untuk memberikan privasi, untuk menyimpan barang dan nyaman hidup dan bekerja, sebagai tempat penampungan merupakan divisi fisik habitat manusia (tempat kenyamanan dan keamanan) dan bagian luar (tempat yang pada waktu yang mungkin berlaku kasar dan berbahaya).

 

dan Definisi dalam berbagai hal.

*Sebagai Teknik Sipil struktur seperti rumah, pusat ibadah, dll Pabrik yang memiliki pondasi, dinding, atap yang melindungi manusia dan mereka sifat dari efek keras langsung dari cuaca seperti hujan, angin, matahari dll.

 

* Tindakan membangun, mendirikan, atau mendirikan.

 

* Seni membangun bangunan-bangunan, atau praktek arsitektur sipil.

 

* Apa yang dibangun; kain atau bangunan dibangun, sebagai rumah, sebuah gereja, benteng, arena / stadion, dll.

 

* Kegiatan komersial yang terlibat dalam membangun gedung-gedung; “bisnis utama mereka adalah konstruksi rumah”; “pekerja dalam perdagangan bangunan.

 

* Sebuah struktur yang memiliki atap dan dinding dan berdiri kurang lebih permanen di satu tempat, “ada sebuah bangunan tiga lantai di sudut jalan”, “itu adalah sebuah bangunan megah.

 

KLASIFIKASI

 

DEFINISI.

2. KLASIFIKASI.

 

Klasifikasi adalah Dominasi salah satu dari empat fungsi kognitif yang terdiri dari berpikir, perasaan, sensasi dan intuisi (Carl Jung ).Beberapa pengertian dan pendapat tentang klasifikasi.

 

 

► Polan, 1894.

Mengurangi semua ciri kepribadian karakter dengan elemen-elemen mental dasar dan bentuk dasar hukum psikologis dasar, mengungkapkan sifat dari hubungan ditemukan.

 

► R. Maily.

Bukan hanya merupakan aspek kepribadian dan perilaku, menerima pengakuan umum segera muncul kebutuhan untuk mengungkapkan faktor fundamental di balik sifat dan pilihan sifat sebagai sebuah aturan ditentukan oleh pandangan pribadi peneliti.

 

► Psycosmology.

Sistem pandangan tentang dunia material dan mental berdasarkan prinsip-prinsip harmoni, hukum universal umum sifat dan pikiran, memiliki skala terbesar, ketertiban dan memiliki akurasi matematika dan kejelasan.

 

► Formal Typology.

Berdasarkan beberapa ciri psikologis atau fisiologis anatomo-lihat tipologi formal atas dasar khusus perilaku dalam aktivitas tertentu.

 

► Classification System.

Semua milik satu dan hanya satu kelas dan tetap di dalamnya untuk seluruh kehidupan, jumlah kelas ditentukan oleh hukum-hukum alam semesta, organisasi psikis adalah bagian dari sistem yang lebih umum berfungsi dari Universe itu.

 

► Classification System.

Suatu negara terdiri dari berbagai jenis jiwa akan, secara keseluruhan, penurunan dari aristokrasi (pemerintahan oleh yang terbaik) ke timokrasi (pemerintahan oleh terhormat), kemudian ke sebuah oligarki (pemerintahan oleh sedikit), kemudian ke demokrasi (pemerintahan oleh rakyat), dan akhirnya ke tirani (pemerintahan oleh satu orang, pemerintahan oleh seorang tiran).

Plato adalah salah satu tipologi pertama, berdasarkan nilai-nilai. Plato dipilih jenis berikut:

1) aristokrat ditandai dengan dominan dari sisi tinggi jiwa, aspirasi untuk mencari benar;

2) timocratic ditandai dengan pembangunan yang kuat ambisi dan kecenderungan untuk perjuangan;

3) oligarkis ditandai dengan keserakahan, menahan diri dan penghematan;

4) demokratis ditandai dengan ketidakstabilan moral, dan aspirasi untuk perubahan konstan kesenangan sensual;

 

sumber :

google

http://www.answer.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s